Mengenal DOD | Meri Bebek Dari mulai jenis dan Memilih DOD yang Baik dan Benar

DOD Bebek / Meri Bebek | Anak Bebek | Jenis-jenis | DOD Bebek Potong | DOD Bebek Pedaging | DOD Bebek Petelur | DOD Bebek Campbell | DOD Bebek Hibrida | DOD Bebek Alabio



  DDOD Bebek (Meri Bebek) 

       Pemilihan DOD (Meri) yang Baik, Permasalahan dan Solusinya
  Masak sih enggak tau apa itu DOD? bercanda (^_^). Bukankah anda sudah paham tentang jenis bebek, dan ingin memproduksi yang apa sebagai pilihan yang cocok dan tepat untuk anda? Dan anda sudah paham disain kandang yang akan anda bangun,,, iya bukan? Toh juga sudah mengerti cara antisipasi keseluruhan kendala kandangnya. Haaa cara pakan....? Baik, memang masih banyak yang perlu anda ketahui tentang bebek. Memang bebek masih memberi banyak pilihan kepada anda. Oke mari lanjutkan pembahasan kita tentang kupas tuntas pengetahuan sukses berternak hibrida, campbell, packing. Disini dalam penjelasan tentang DOD tema akan saya ubah dengan nuansa cerita, dengan harapan kita tidak bosan membahasnya. kita,,, iyaaaa kitaa(^_^).
  Selanjutnya pembahasan yang  akan saya ceritakan adalah mengenai DOD. Ternyata teliti dalam perawatan dan pemilihan DOD itu termasuk salah satu hal yang penting untuk menuju hasil bebek yang super. Oleh karenanya mempelajari tentang DOD juga merupakan hal yang cukup penting.
  Pertama mari saya ceritakan tentang bagaimana cara perawatan DOD yang baik yang saya lakukan. Saya selalu siapkan tempat yang nyaman terlebih dahulu sebagai penyambutan kepada DOD saya. Jujur dalam perawatan DOD adalah moment yang saya tunggu-tunggu karena kelucuan mereka(^_^).  Dalam penyiapan tempat saya selalu cek suhu kandang, dan ketersediaan pakan di gudang. Kenapa dengan suhu kandang...? Suhu dandang sangat pengaruh untuk kesehatan DOD. Apabila DOD kedinginan mereka akan berkumpul satu tempat untuk mencari kehangatan. Dan apabila hal ini terjadi DOD akan tindih-menindih dan menjadikan yang paling bawah tidak bisa kemana-mana. Apabila yang paling bawa tertindih melebihi batas kemampuan bertahannya, ya sudah dipastikan mereka akan mati. Kalaupun hidup yang paling sering berada dibawah mereka tidak dapat memenuhi gizi seperti yang sering berada di atas. Karena yang berada di tumpukan bawah mereka akan lebih jarang mendapatkan makan dan minum karena terjebak. Alhasil, pertumbuhanya tidak merata. Perawatan saya sih hasil selalu merata, dan bebek mati hanya kurang dari 10 ekor per 500 ekornya.
  Pemberian tambahan pada suhu saya selalu memakai lampu yang berwarna kuning, jika didaerah saya disebut lampu dop. Ada juga peternak yang menggunakan kompor gas yang sedikit didisain dengan ditambah seng sebagai penghangatnya, Namun saya lebih suka dengan penghangat yang menggunakan lampu. Saya tambahkan beberapa lampu kuning di ruangan mereka hingga suhu terasa hangat. Ya, ruangan,  jadi berbeda dengan DOD usia di atas 8-9 hari yang bertempat di kandang. Usia DOD (0-9) mereka membutuhkan tempat yang tertutup penuh yang hanya dengan fentilasi.
Lalu saya tidak pernah ketinggalan untuk menggondisikan pakan. Bahkan sebelum DOD datang pakan haruslah ada di gudang. (cerita lengkapnya tentang pakan apa dan berapa takaranya nanti saya ceritakan judul berikutnya). Karena saya paham dengan konsekwensi tentang apabila pakan telat satu hari saja sangat merugikan bagi saya. Apa lagi usia DOD, apabila pakan terlambat dalam hitungan jam saja, itu sudah mempengaruhi pertumbuhannya.
Terus saya rawat dengan pemberian pakan yang tepat waktu. Selain itu saya juga sering mengecek dan memastikan bahwa DOD tidak berada di lantai yang basah dan tidak mandi di wadah minum. Apabila basah ya ditutup dengan emput geraji seperti yang sudah saya jelaskan di tentang kandang. Saya selalu gunakan tiga cara dalam megantisipasi agar DOD tidak mandi di wadah minumnya. Yaitu, 1. Saya berikan batu seukuran kurang lebih berdiameter 3cm di tempat yang dimasuki paruh DOD,  2. Mengganjal wadah minum dengan batu bata setinggi DOD tidak bisa naik (mengondisikan agar hanya paruhnya yang bisa masuk ke wadah minum) , 3. Menggantung wadah minum setinggi DOD tidak bisa naik.  Oke, itu cerita saya tentang perawatan DOD, mari saya lanjut dengan cerita tentang memilih DOD yang baik.
Anda juga harus tahu bahwa ketidak suksesan peternak bebek potong tidaklah semata-mata kesalahan kandang dan perawatan. Jadi apabila anda merawat bebek dengan pemberian pakan dan tempatnya sudah baik dan benar, dan masih mendapati bobot jauh dibawah bobot rata-rata, anda boleh mencurigai penjual DOD atau ke petelurnya.
Oke, saya akan ceritakan semua tentang cara saya menangani masalah pemilihan DOD. Karena saya sangat rajin dalam hal berternak bebek, saat panen tidaklah mungkin saya memperoleh bobot yang tak sesuai dengan yang saya inginkan. Jadi jika saya memperoleh hasil yang kurang sesuai dengan taksiran saya, maka saya cukup melihat darimana DOD ini berasal. Lalu saya bertanya kepada penetas/petelur tentang:
1. Pakan seperti apa yang diberikan kepada induk bebek yang saya rawat?
(Pakan bebek petelur yang baik akan kita bahas nanti di Cara Pakan Bebek Petelur)
2. Telur dihasilkan dari bebek usia diatas 7 bulan, ataukah usia dibawah 7 bulan?
Alasan saya bertanya ini karena telur yang dihasilkan di usia muda belumlah cukup ideal sebagai pilihan saya.
3. Dan berapa pejantan dari seluruh bebek untuk menghasilkan telur?
 Karena saya hanya memelih bebek yang memiliki 2 pejantan dan 8 betina. Atau sukur-sukur kalau pejantannya lebih dari 2 dari dari 10 bebek.
  Jika jawaban penetas atau petrnak bebek petelur sesuai dengan yang saya inginkan lalu di bulan berikutnya hasilnya masih sama, saya akan ajak penetas atau petelur untuk berdiskusi hingga mereka mengerti yang saya maksutkan. Namun apabila tetap saja tidak mengerti dan merugikan saya,, yaa saya akan pindah ke penetas yang lain.
Dan selain 3 pertanyaan diatas masih ada lagi pentingnya meneliti DOD. Apabila bebek anda ada yang sering pilek dan apa lagi hingga terdapat bengkak pada hidung DOD, anda juga bisa menyarankan ke peternak bebek petelur agar memfaksin bebek-bebek yang menghasilkan telur-telur calon bebek anda.
Ciri-ciri DOD yang sehat yang pasti selalu aktif, tidak terlihat lemas, tidak terlihat mengantuk, napsu makan yang lahap, sayap lebih condong ke atas. Dan yang pasti tidak sakit-sakitan pada saat perawatan. Itulah cerita, saran, dan masukan dari saya mengenai kupas tuntas DOD.

       Gambar:

      DOD Campbell (Gambar A.011)

Cara Ternak Anak Bebek
Gambar A.011





           DOD Hibrida (Gambar A.012)

Meri Hibrida
  Gambar A.012



              DOD Packing (Gambar A.013)

Meri Bebek Packing
 Gambar A.013





          DOD Alabio (Gambar A.014)

Meri Bebek Alabio
   Gambar A.014





 Setelah Memahami DOD, Sudahkah Anda menentukan untuk beternak Bebek Pedaging, Petelur, atau Menjadi seorang Penetas.? Saran dari kami baca bebek Pedaging dulu, lalu Petelur, Lalu Cara Menciptakan Bebek Petelur dimulai dari Telur atau dimulai dari DOD, Lalu baca juga Penetasan. Kami juga punya cara mengetahui telur berembrio dan mana yang sebaiknya di konsumsi, hingga telur asin. 

Click di bawah Ini 


Pakan DOD Bebek



.-.*.-.*.-.*.-.*.-.*.-.*.-.*.-.*.-.*.-.*.-.*.-.*.-.*.-.*.-.*.-.*.-.*.-.*.-.*.-.*.-.*.-.*.-.*.-.*.-.*.-.*.-.*.-.*.-.*.-*.-.
DOD Bebek / Meri Bebek | Anak Bebek | Jenis-jenis | DOD Bebek Potong | DOD Bebek Pedaging | DOD Bebek Petelur | DOD Bebek Campbell | DOD Bebek Hibrida | DOD Bebek Alabio

Related Posts:

0 Response to "Mengenal DOD | Meri Bebek Dari mulai jenis dan Memilih DOD yang Baik dan Benar"

Posting Komentar

Sebaik baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lain.....

Copyright

Terimakasih sudah berkunjung :)

© 2017 By Yoga